Kampus 1 Ponpes Askhabul Kahfi merupakan komplek tertua sekaligus cikal bakal berdirinya Ponpes Askhabul Kahfi. Berdampingan dengan Pondok Pesantren Roudlotul Muttaqin yang lebih dulu berdiri, pesantren salaf murni tersebut telah berdiri sejak 1992 M. Sampai sekarang pun pesantren salaf tersebut menjadi rujukan lulusan Askhabul Kahfi yang telah menamatkan bangku sekolahnya untuk memperdalam lagi ilmu agamanya.

Kampus 1 kini dihuni oleh ratusan santri terutama santri putra yang bersekolah di MTs dan MA Takhasus Askhabul Kahfi. Berdampingan dengan santri salaf yang lebih senior.

Di komplek ini pula beliau Syaikhuna Murabbiruhina Abah Kyai pengasuh tinggal. Ndalem beliau tepat di tengah-tengah komplek. Terletak di tengah pemukiman penduduk kelurahan, Kampus ini juga dikelilingi rumah penduduk sekitar.

Berbeda dengan kampus lain, Kampus 1 hanya terdiri dari gedung asrama meliputi :

  1. Gedung Imam Ghozali
  2. Gedung Umar bin Khattab
  3. Gedung Utsman bin Affan
  4. Gedung Ali bin Abi Thalib
Pengambilan nama Imam Ghozali merujuk pada Imam Abu Hamid al Ghozali yang berjuluk "Hujjatul Islam" dan mengarang Kitab Ihya Ulumuddin. Kitab inilah yang menjadi panduan dasar akhlak dan Tasawuf sejak pesantren Salaf Roudlotul Muttaqin.

Perlu diketahui pula, Sebelum dipindah ke kampus 3, Santri Putri menempati kampus 1 tepatnya komplek sebelah timur ndalem. Namun kini mereka telah mendapat tempat yang lebih nyaman.

1 komentar:

Bebas tapi sopan!!!...

Bottom Ad [Post Page]

Back To Top